Minggu, 18 Desember 2016

Pantai Parangtritis Dengan Sejuta Pesona Keindahan

   Pantai Parangtritis Yogyakarta selain terkenal akan wisata sejarah dan budaya juga kaya akan wisata pantai yang memiliki pemandangan indah di deretan laut selatan, Pantai Parangtritis menawarkan pemandangan yang begitu eksotis dengan gulungan ombak yang begitu besar. Dan gunungan-gunungan pasir putih.

Pantai Parangtritis memang merupakan salah satu Pantai yang terkenal di Yogyakarta yang terkenal akan keindahan alam, sebagai icon tempat lokasi syuting Ada Apa Dengan Cinta (AADC)2  yang mempertemukan Cinta dan Rangga

Dan juga terkenal akan cerita sejarah nya. Lokasi Pantai Parangtritis terletak di Desa Parangtritis kecamatan kretek, kabupaten Bantul Yogyakarta atau berjarak selitar 27km le arah selatan  dari pusat Yogyakarta.

Selain itu para sobat juga bisa menggunakan transportasi umum , kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan bermotor.
Tips nih untuk para sobat, lebih menyenangkan jika kita menyewa kendaraan bermotor dengan mengeluarkan kocek sebesar Rp. 50.000 /motor, nah jika kita menggunakam motor kita bisa melihat pemandangan-pemandangan menuju Pantai Parangtritis tersebut. Lebih menyenangkan dan lebih banyak cerita untuk berlibur.

    Selain menawarkan sejuta pemandangan yang indah, para sobat bisa menikmati berbagai macam kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Pantai Parangtritis ini. Para sobat juga bisa mengasah bakat fotografer kalian dengan pemandangan yang sangat bagus, selain itu para sobat juga bisa menyewa berbagai fasilitas yang sudah di sediakan di pantai ini seperti ATV, Andong, atau Kereta Kuda. Para sobat juga bisa berkeliling melewati gundukan-gundukan pasir menggunakan ATV dan menikmati perjalanan dengan kereta kuda sambil menikmati sejuta pemandangan indah.

Di sekitar Pantai Parangtritis juga tersedia fasilitas pemandian bernama parangwedang. Dan para sobat juga bisa berenang dan berendam tanpa khaqatir akan ombak yang besar jika bermain di pantai.

Pada hari-hari libur panjang atau long weekend Pantai Parangtritis ramai di kunjungi para wisatawan terutama pada waktu malam jawa atau malam satu suro /1 Muharam.
Pada hari tersebut masyarakat setempat mengadakan kegiatan (budaya) atau upacara adat sebagai syukuran yang di lakukan di pantao parangtritis.

    Pantai Parangtritis memiliki sejarah yang melegenda di masyarakat sekitar sehingga memiliki nama "Parangtritis" dikisahkan pada zaman kerajaan Majapahit, ada seorang pelarian dari kerajaan tersebut yang bernama Dipokusumo yang di tempat itu sedang melakukan semedi, ia melihat air menetes (tumaritis) yang berasal dari celah-celah batu karang (parang). Kemudian Dipokusumo memberi nama daerah itu Parangtritis yang artinya air menetes dari batu.

Selain itu Pantai Parangtritis yang di yakini masyarakat sekitar bahwa Pantai Parangtritis ini memiliki hubungan yang sangat erat dengan kerajaan gaib Ratu Pantai Selatan (Ratu Nyi roro kidul)  yang merupakan ratu penguasa pantai selatan.
Dan masyafakat sekitar meyakini dan mempercayai jika ada seorang yang datang ke pantai tersebut dengan menggunakan pakaian berwarna Hijau , maka akan mendapatkan musibah.

Untuk para sobat, jika inging berkunjung ke pantai ini jangan menggunakan baju berwarna Hijau ya, untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan ya sobat.

    Para sobat  tidak usah khawatir dan tidak perlu ribet dengan bekal bawaan dari rumah. Di area wisata Pantao Parangtritis juga sudah menyediakan  cukup banyak kios yang menjajakan aneka macam makanan dan minuman mulai dari makanan ringan hingga makanan berat dan harga yang di tawarkan cukup terjangkau.

Selain itu para sobat juga bisa membeli Cindera Mata untuk keluarga terkasih dan tercinta.
Aneka macam oleh-oleh yang bisa para sobat beli seperti baju, souvenir, cindera mata dan makanan khas bantul.

Tips untuk para sobat berhati-hatilah dalam  berwisata di tempat ini karena ombak yang begitu besar jangan sampai main hingga ke tengah pantai.

Happy weekend dan selamat menikmati liburan akhir tahun bersama orang-orang terkasih dan tercinta

1 komentar: